Jaton, Jawa Tondano

Sewaktu saya masih di Manado, ada teman bilang : “Prabu, di sekitar Tondano dan Tomohon ada ngana pe asal, yaitu suku Jawa. Dorang biasa disebut Jaton alias Jawa Tondano”. Akhirnya suatu kali ketika kebetulan ada kerja di Tomohon maka aku sempatkan mengunjungi mereka. Disaat lain pas hari Jum’at maka aku sempatkan juga sholat Jum’at di masjid Tomohon, ke arah Tondano.

Memang ada beberapa orang Jaton masih memakai nama berbau orang Jawa, tetapi lebih banyak yang sudah campur aduk dengan marga Minahasa karena proses perkawinan dengan penduduk sekitarnya. Bahasa Jawapun relatif sudah jarang terdengar, karena yang hidup disekitar Tomohon dan Tondano sekarang sudah generasi kelima dari keturunan mereka.

Berdasarkan sejarah, orang Jawa yang ada di bumi Minahasa adalah orang buangan (sengaja dibuang atau diasingkan oleh penjajah Belanda) yaitu pengikut Pangeran Diponegoro dan Kyai Mojo sekitar tahun 1829. Pangeran Diponegoro selanjutnya dibuang ke Makassar. Untuk memberikan gambaran secara lebih lengkap, dapat dilihat di sini dilanjutkan disini.

About these ads

Tags: , , , , ,

No Responses to “Jaton, Jawa Tondano”

  1. Iwan Says:

    Hallo, kalo soal Jaton, kebetulan saya pernah beberapakali merayakan lebaran ketupat disana. Acara ini biasanya 7 hari setelah idul fitri. Banyak juga teman-teman di sana. Marganya Pulukadang, Kiai Demak dan Suratinoyo. Tapi masih banyak juga marga yang lain.

  2. prabu Says:

    Salam kenal bagi Iwan
    ngomong-ngomong sekarang tinggal dimana

  3. Nono Says:

    kebetulan istri saya orang jawa tondano juga,marganya kiaidemak

  4. aqim Says:

    mbah saya juga orang jaton, namanya Abdul Chanan (Tumenggung) Mayang

  5. SRI IRNA HARDIYATNI ZEES Says:

    lam kenal aja ye… aku jga orang jaton asal gorontalo, nama aku SRI IRNA HARDIYATNI TUMENGGUNG ZEES, aku turunan ke tujuh dari mbah padjang tumenggung zees,aku cucu dari Hadi tumenggung Zees & Marlia tumenggung Zees yang merupakan cicit dari kiyai rachmat zees. mau tau banyak ttg aku ….???

    buka friendster …

    (Sry_sayank@yahoo.co.id)

  6. ellka Says:

    ass. namaq eka salam kenal patuari-paturi. aku ga tau apa aku orang jaton asli at tdk slx yg aku tau aku lahirnya di sana. jadi aku orng jaton. hidup JATON

  7. memy Says:

    Ass. namaq MEMMY ZEES, tinggal di kampung jawa gorontalo. Saya mo tanya..ada nggak kaset atau vcd khusus lagu-lagu daerah JAWA TONDANO…????

  8. Surjadi Pulukadang Says:

    Ass.al.wr.wb….mat kenal ya….saya anak jaton juga, marga/fam saya pulukadang skrng lagi di Bandung..senanglah lihat patuari-patuari di dunia maya hee..keluarga besar saya marganya pulukadang, suratinoyo, kiay modjo, suronoto, djahuno..saya pernah aktif dulu di P2M Dipki tahun 1987an waktu kami beking Festival Jaton pertama di Tondano..moga2 bisa tasambung deng patuari-patuari dulu dorang amay, rahmadian, kalo, muli, diding, ai, aba saus, mat, udi, acha, ita, n samuanya hee…Salam buat orang JATON.

  9. ajis Says:

    halo patuari waya apa kabar kalo motau info jaton masuk jo ke http://WWW.jaton.Link

  10. ajis Says:

    atau ngoni masuk di jaton indonesia.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: