Posts Tagged ‘Manado’

Cewek Manado (5) : Kisah kelam Youke

December 27, 2007

Youke namanya, kadang dipanggil Yessica, kadang dipanggil dengan lebih singkat yaitu Esik. Banyak saya menemukan nama Youke di Manado. Disamping nama cewek, ada juga nama Youke dipakai oleh cowok. Semacam nama Budi, Endang atau Agus pada nama di Jawa.

Sungguh saya mengenal dia sebagai seorang cewek yang begitu baik. Lembut perasaannya, baik hatinya, suka menolong orang dan ramah sehingga mudah diterima di lingkungannya. Satu lagi sifat baiknya yaitu rajin dan pekerja keras.

Youke yang lengkap

Suatu saat saya melihat dia mengecat dinding rumahnya sendiri. Saat yang lain saya menemukannya sedang berada di taman membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar bunga-bunga kesayangannya. Dan kali lain saya mendengar dia memandori para tukang untuk membangun renovasi kamar rumahnya. Dia sibuk mencari material yang diperlukan dan memberi perintah kepada para tukang untuk kesempurnaan pekerjaannya.

Pekerjaan perempuanpun bukan hal yang aneh bagi dia. Menyapu halaman dan lantai rumah, menyulam kruistik, memasak, mencuci pakaian dan melicinkannya adalah bagian dari hari-harinya. Dia bilang semua itu adalah karena didikan omanya yang keras. Oma dan Opa yang masih memegang didikan disiplin cara feodal. Bangun harus pagi hari dan segera merapikan tempat tidur, harus tidur siang dan makan teratur dan kegiatan-kegiatan lain yang terjadwal.

Disamping itu, kalau saya perhatikan memang orangnya tidak bisa diam untuk melakukan sesuatu pekerjaan. Orang bilang nyanda bole badiam diri.

Kalau mendengar ceritanya, sekolah dilaluinya dengan prestasi biasa-biasa saja namun banyak kegiatan ekskul yang dilakukan. Salah satu prestasi yang diraihnya adalah sempat menjadi model dan memperoleh kejuaraan Nona Manado. Saya tidak menanyakan tahun berapa, namun sebagai bukti dia perlihatkan album koleksinya berupa pose-pose dia sebagai model dan foto dirinya bersama seorang artis ibukota. Dia simpan rapi dalam satu album yang manis.

Karena pernah sebagai model maka tidak heran bila secara fisik tubuhnya mendukung. Wajahnya sedikit lonjong dengan rambut panjang melebihi bahu, sangat manis didukung dengan tubuh yang tinggi semampai. Kalau boleh disamakan, maka perawakan dan face-nya sangat mirip dengan Nia Ramdhani.

(more…)

Manado … kenangan lewat tembang

December 11, 2007

Dengar lagu-lagu lawas pop Manado saya jadi teringat teman-teman di Manado, terutama teman sekantor yang sama-sama berstatus merantau. Pada saat itu lagu “pulang jo” sering mengingatkan akan kampung halaman (meskipun konteks lagu itu merupakan wujud kerinduan orang Manado yang merindungkan bumi Kawanua saat berada dirantau orang mencari makan). Sebaliknya setelah berada kembali ke kampung halaman, setelah sekian lama ada kalanya kembali terbersit kerinduan akan suasana bumi kawanua. Yah …. begitulah manusia, hati dan sikapnya sering berubah dan berbalik. Saat berkumpul, gembira dan sedih yang dilalui bersama seakan merupakan kejadian yang memang sudah selayaknya dan adalah kejadian yang biasa saja. Namun begitu jauh dan kenangan manis muncul layaknya slide show, maka kerinduan kembali untuk mengulangi seakan menyergap.

manado

Silahkan bernostalgia di sini.

Pulang Jo
Cipt. Ricky Pangkerego

Makan batata ubi kayu
rubus di balanga
colo dabu dabu kepala ikan
ikan roa

No napa sekarang hidup sandiri
Di negri orang
So setengah mati cari makan
Sandiri

Pulang jo
Pulang jo
So nyanda guna mo batahan
Di perantauan

Pulang jo
Pulang jo
Biar busu busu itu kampung
Sandiri

Bagi yang lama di Manado atau Ambon, lagu Balada Pelaut merupakan semacam “lagu wajib” yang minimal harus diingat melodinya. Lebih baik lagi kalau hafal kata-katanya. Sebab sering kali pada acara-acara hiburan dan saat diminta untuk tampil menyanyi (karaoke), lagu ini selalu saja ada yang memilihnya. Meskipun tidak ada seorangpun yang berprofesi sebagai pelaut, namun pada saat lagu dilantunkan pasti banyak senyum dan komentar dari “penonton”. Perkiraan saya sih karena kontennya mengandung banyak persepsi …. He he he ….

Silahkan nikmati di sini.

(more…)

Parcuma

December 6, 2007

Cowok :

Angin bawa kabar kasana
bawa beta pung pasan pa dia di sana
bilang beta pung rindu
bilang beta pung sayang
biar beta tapisah jaoh
ale ada dihati

Cewek :

Tunggu ale lama di sini
rindu setengah mati
nyong mana ale pung janji
beta sabar menanti
sio ale nyong sampai hati
biar ale tapisah jaoh
beta pegang se pung janji

Tagantong lama katong pung cinta
tagal mo tunggu beta
cari hidup di rantau
ternyata beta susah disini

Cowok :

Kalau ada yang mo masuk minta
nona tarima saja jang ale pikir beta lai
perkara cinta beta cinta
mo sayang paling sayang
mar sio mo beking apa
parcuma beta susah di rantau

Kalau yang pernah agak lama tinggal di Ambon dan sekitarnya atau setidaknya di Manado, maka lagu Parcuma ini harusnya bukan lagu yang asing. Dulu Yoppie Latul pernah mempopulerkan lewat lantunan remix poco-poco yang salah satu lagunya adalah ini. Sambil bagoyang, menyanyikan lagu-lagu yang kebanyakan berasal dari Maluku, sungguh asyik.

(more…)

Poco Poco

May 3, 2007

Beberapa tahun yang lalu saat saya tinggal di Manado, poco-poco begitu terkenal. Pada waktu senam di Kantor ataupun di lingkungan rumah, selalu ada sekumpulan orang untuk “menari” poco-poco. Bahkan di kantorpun dilombakan berdasarkan penilaian gerak, keserasian, kebersamaan dan semangat tim yang mengikutinya. Untuk lingkungan di kota Manado saja, beberapa kali saya lihat perlombaan poco-poco di beberapa tempat dengan peserta berbagai kalangan dari anak-anak sampai oma-oma.

(more…)

Jaton, Jawa Tondano

February 1, 2007

Sewaktu saya masih di Manado, ada teman bilang : “Prabu, di sekitar Tondano dan Tomohon ada ngana pe asal, yaitu suku Jawa. Dorang biasa disebut Jaton alias Jawa Tondano”. Akhirnya suatu kali ketika kebetulan ada kerja di Tomohon maka aku sempatkan mengunjungi mereka. Disaat lain pas hari Jum’at maka aku sempatkan juga sholat Jum’at di masjid Tomohon, ke arah Tondano.

Memang ada beberapa orang Jaton masih memakai nama berbau orang Jawa, tetapi lebih banyak yang sudah campur aduk dengan marga Minahasa karena proses perkawinan dengan penduduk sekitarnya. Bahasa Jawapun relatif sudah jarang terdengar, karena yang hidup disekitar Tomohon dan Tondano sekarang sudah generasi kelima dari keturunan mereka.

Berdasarkan sejarah, orang Jawa yang ada di bumi Minahasa adalah orang buangan (sengaja dibuang atau diasingkan oleh penjajah Belanda) yaitu pengikut Pangeran Diponegoro dan Kyai Mojo sekitar tahun 1829. Pangeran Diponegoro selanjutnya dibuang ke Makassar. Untuk memberikan gambaran secara lebih lengkap, dapat dilihat di sini dilanjutkan disini.

Lagu-lagu kenangan

October 3, 2006

Ada kalanya aku teringat ketika dulu ada tingggal di Manado dan Ambon …

Sejak kecil memang aku suka akan kesenian daerah. Karena aku dibesarkan di Jawa maka gending Jawa, wayang, kethoprak telah menjadi hiburan yang sering kunikmati.

Heran memang ..

Sekarang-sekarang ini banyak lagu-lagu pop yang begitu terkenal … banyak penyanyi, group band baru yang langsung ngetop … sehingga beberapa melodi dan syairnya jadi hapal (gimana ndak hapal … tepatnya dipaksa hapal karena dijejelin keluar setiap saat melalui segala media .. radio, teve, vcd de el el)

Tetapi karena kebanyakan bisnis oriented, lagu-lagunya kebanyakan nggak bertahan lama

begitu lagu baru dengan penyanyi baru muncul … ilang deh lagu yang dulunya ngetop ..

namun setidaknya dia telah menjadi selebritis karena pernah ngetop sebelumnya

dan efeknya … segala tingkah polahnya, demenannya, mantan pacarnya de el el .. laku untuk menjadi bahan gosip di acara entertaintment teve semisal cek and recek

Kadang aku ketawa dan tersenyum kecut kalo melihat tingkah polah mereka, nasehat yang diselingi kata-kata bijak mereka, celoteh tentang gaya hidup mereka, pandangan mereka tentang kehidupan …

tapi anehnya banyak yang suka eh … ratingnya tinggi kan ..

Lho kok jadi nglambrah ini … aku kan lagi bicara lagu daerah

Oh ya … sambil ngumpulin koleksi lagu daerah akhirnya aku jadikan aja menjadi format mp3 dan kusimpan di esnips aja

Sudah cukup lama memang folder ini saya buat dan saya share aja untuk public

Alamatnya :

http://www.esnips.com/web/manado/

http://www.esnips.com/web/bunaken/

http://www.esnips.com/web/ambon/

http://www.esnips.com/web/klaten/

http://www.esnips.com/web/sunda/

manalagi ya ..


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.