DATA DAN INFORMASI

1.1 Data vs Informasi

Dalam pengertian umum terkadang orang menyamakan arti antara data dan informasi. Padahal terdapat perbedaan antara keduanya kalau dilihat dari isi maupun output yang dihasilkannya.

Secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • Data adalah deskripsi dari sesuatu dan kejadan yang kita hadapi (data is the description of things and events that we face). 
  • Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Sebagai contoh, pendapatan Telkom salah satunya adalah pemakaian telepon dari pelanggan yang disimpan dalam bentuk AMA oleh Telephone Exchange dan setiap bulannya diolah menjadi suatu nilai-nilai tertentu yang akan ditagihkan ke pelanggan tersebut. Kesatuan nyata (fact and entity) adalah berupa suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi.

Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal data-item. Data merupakan bentuk yang belum dapat memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya, sehingga perlu suatu model yang nantinya akan dikelompokkan dan diproses untuk menghasilkan informasi.

Hal tersebut dapat dilihat dalam contoh kasus sebagai berikut ; data-data pemakaian telepon oleh pelanggan merupakan data magnetik yang disimpan dalam telephone exchange. Setiap akhir bulan data-data tersebut diolah oleh Sisfo menghasilkan angka-angka yang menunjukan pemakaian telepon pelanggan dalam Rupiah yang telah dikonversi.

Data-data tersebut akan menghasilkan informasi bila diolah, antara lain :

  • L11 yang akan ditagihkan kepada pelanggan (berisi perincian pemakaian lokal, sljj, telkomnet instan, nanguranet, japati, airtime dll). 
  • Laporan pendapatan total Kandatel per bulan atau per WKC. 
  • Laporan pendapatan per produk : lokal, sljj, TelkomNet Instan, NanguraNet, TelkomGlobal, TelkomSMS, Premium Lokal dll.
  • Pertumbuhan SST, pendapatan, produk tahun ……. Dll.

Dari ilustrasi dan uraian diatas dapat diterangkan definisi informasi. Terdapat beberapa definisi informasi, antara lain :

  • Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
  • Sesuatu yang nyata atau setengah nyata yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan atau kejadian. Sebagai contoh, informasi yang menyatakan bahwa nilai rupiah akan naik, akan mengurangi ketidakpastian mengenai jadi tidaknya sebuah investasi akan dilakukan.
  • Data organized to help choose some current or future action or nonaction to fullfill company goals (the choice is called business decision making).

1.2 Pengolahan Data (Data Processing)

Adalah masa atau waktu yang digunakan untuk mendeskripsikan perubahan bentuk data menjadi informasi yang memiliki kegunaan (data processing is the term used to describe changes performed on data to produce purposeful information).

Operasi yang dilakukan dalam pengolahan data :

1. Data input

  • Recording transaction data ke sebuah pengolahan data medium (contoh, olah data magnetic tape ke data text). 
  • Coding transaction data ke dalam bentuk lain (contoh, converting data teks ke data field DBF). 
  • Storing data or information untuk pengambilan keputusan (potential information for future).

2. Data transformation

  • Calculating, operasi aritmatik terhadap data field (contoh, pendapatan kastamer per CID). 
  • Summarizing, proses akumulasi beberapa data (contoh, resume pendapatan TelkomNet Instan per WKC beserta jumlah usernya). 
  • Classifying data group-group tertentu : 
    • Categorizing data kedalam group berdasar karakteristrik tertentu (contoh, pengelompokkan data PSB per investor : Telkom/Globalfon).
    • Sorting data kedalam bentuk yang berurutan (contoh, pengurutan NIK pegawai secara ascending). 
    • Merging untuk dua atau lebih set data berdasar kriteria tertentu (misal, menggabungkan data pendapatan selama setahun). 
    • Matching data berdasar keinginan pengguna terhadap group data (contoh, memilih CID dengan pendapatan > 50 juta per bulan).

3. Information output

  • Displaying result, menampilkan informasi yang dibutuhkan pemakai melalui monitor atau cetakan. 
  • Reproducing, penyimpanan data yang digunakan untuk pemakai lain yang membutuhkan. 
  • Telecommunicating, penyimpanan data secara elektronik melalui saluran komunikasi.

 proses pengolah data

1.3 Test Kebutuhan Informasi

Terdapat 4 tes untuk menjelaskan sebuah pesan yang spesifik dalam informasi :

  1. Kepada siapa (pembuat keputusan) informasi ditujukan ? (to whom (which decision maker) is the message intended ?) 
  2. Untuk keputusan spesifik apa informasi ditujukan ? (for what specific decision is the message intended ?) 
  3. Sejauh mana informasi dapat digunakan untuk mendeteksi dan memecahkan masalah ? (how is the message used to detect or resolve the condition) 
  4. Sejauh mana (kapan) tingkat pembuatan keputusan ? (how often (when) is the decision made ?)

1.4 Siklus Informasi

Untuk memperoleh informasi yang bermanfaat bagi penerimanya, perlu untuk dijelaskan bagaimana siklus yang terjadi atau dibutuhkan dalam menghasilkan informasi.

Pertama-tama data dimasukkan ke dalam model yang umumnya memiliki urutan proses tertentu dan pasti. Setelah diproses akan dihasilkan informasi tertentu yang bermanfaat bagi penerima (level management) sebagai dasar dalam membuat suatu keputusan atau melakukan tindakan tertentu.

Dari keputusan atau tindakan tersebut akan menghasilkan atau diperoleh kejadian-kejadian tertentu yang akan digunakan kembali sebagai data yang nantinya akan dimasukkan ke dalam model (proses), begitu seterusnya.

Dengan demikian akan membentuk suatu siklus informasi (information cycle) atau siklus pengolahan data (data processing cycles), seperti gambar berikut :

siklus informasi

No Responses to “DATA DAN INFORMASI”

  1. kardi Says:

    bagaimana contoh data itu agar menjadi informasi

  2. Ali Rokhman Corner » Clue for MID Test SIK Says:

    […] http://prabu.wordpress.com/2006/02/13/data-dan-informasi/ […]

  3. prabu Says:

    Data menjadi informasi ?
    Sangat banyak contoh disekitar kita. Misalnya, masalah wabah demam berdarah (DB). Misal terdapat data pasien yang terkena DB di beberapa Rumah Sakit di Bandung. Masing-masing melaporkan dengan detail data tentang pasien, nama, alamat, usia, kondisi dll.
    –> Data

    Dari laporan-laporan tersebut Dinas Kesehatan mengkompulir data-data tersebut dan mengolahnya menjadi informasi mengenai : jumlah pasien DB per RS, per Kecamatan, Kabupaten, berdasarkan usia, jenis kelamin, prosentase yang meninggal dll.
    –> Informasi

    Dari laporan itulah kemudian Dis Kesehatan misalnya dapat melakukan penyemprotan pada daerah yang paling banyak penderita DB.
    –> Tindakan

    Untuk selanjutnya dapat dikembangkan lagi masalah data dan informasi : bagaimana kita memperoleh suatu data menjadi suatu knowledge yang berguna bagi kita.
    Urut-urutannya : Data –> Informasi –> Knowledge

  4. Dwiana Aditya Says:

    pak apa ini kisi-kisi untuk ujian mid?pak apakah ada kendala atau hambatan dalam proses informasi tersebut khususnya yang kaitannya dengan kesehatan, kendala yang seperti apa ya pak?
    Dwiana Aditya Candrasari (KESMAS)
    L1A004109

  5. Fades Tigit N Says:

    pak, bagaimana suatu informasi dapat diolah menjadi informasi yang baik karena selama ini informasi cenderung ditambah-tambahin atau tidak sesuai dengan kenyataan?bagaimana perhatian pemerintah atau dinas kesehatan terhadap suatu sistem informasi yang ada sekarang dan usaha pembaharuannya?
    Fades Tigit N
    L1A004110

  6. prabu Says:

    Untuk #4 dan #5 :

    Maaf saya bukan pengajar di lembaga pendidikan tertentu sehingga tidak tahu tentang materi mata kuliah ini. Saya hanya sharing saja yang kebetulan saya tahu dan dapatkan. Dan mengenai implementasi dari collect data untuk jadi informasi di pemerintahan saya juga nggak tahu karena tidak terlibat didalamnya. Pilihan contoh untuk Dis Kesehatan hanya sekedar contoh yang terbetik saat itu ketika saya nulis.

    Mengenai manipulasi data sehingga menghasilkan informasi yang bias, hal ini melulu adalah tindakan dari sang collector data maupun sang analyst. Tetapi secara keilmuan, informasi ataupun knowledge yang benar dan bermanfaat dihasilkan dari collect data yang lengkap, valid dan uptodate serta kerja yang smart dari seorang analyst.

    Pada prakteknya pada jalannya pemerintahan misalnya, data kadang tidak dipublish semuanya kepada umum. Contohnya, berapa praja yang meninggal di STPDN/IPDN sejak tahun 2003 atau bahkan tahun-tahun sebelumnya ? Mungkin masyarakat baru dan akan tahu setelah kasus Cliff Muntu terungkap dan di bonkar secara jelas dan apa adanya.

    Sekali lagi ini hanya contoh saja.

  7. Dedi Supratman Says:

    Ass.Pak Ali, saya tertarik dengan Sistem Informasi Kesehatan yang bapak ajarkan. sekarang saya ingin mengenal lebih jauh tentang SIK. tapi sampe sekarang materi SIK masih bersifat teoritis, tidak aplikatif? apakah output dari matakuliah ini memang hanya sebatas teori? kmaren saya diajarkan sistem manajemen basis data, tapi pengaplikasianya masih bias pa?
    kmaren bapa menampilkan sistem informasi masa depan di jepang, trus di Indonesia sendiri rencana kedepan seperti apa pak? bagaimana perkembangan saat ini. trimakasih

    Dedi Supratman (NIM : L1A004129)
    Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unsoed Angk. 2004

  8. chinta Says:

    perbedaan data dan informasi itu apa?

  9. ari Says:

    apa saja faktor-faktor penghambat dalam proses pengolahan data?

  10. imanudin Says:

    APAKAH PERBEDAAN DATA DENGAN INFORMASI ?

  11. bayu Says:

    apa bedanya data,informasi dengan knowledge?

  12. lhiya Says:

    kami dapat tugas dari dosen, beliau minta penjelasan tental informasi digital dapatkah bpk menjelaskan secara rinci ??? trims

  13. prabu Says:

    Informasi digital yang bagaimana yang dimaksud ?
    – Apakah digital sebagai perkembangan analog dalam teknologi komunikasi, atau
    – Digital dalam kaitannya dengan ICT, atau
    – Digital yang dimaksud adalah era internet yang berbasis IP.
    Pembahasan bisa dijelaskan dari aspek teknis/teknologinya atau bisa juga dari aspek non teknis.

  14. nurmala Says:

    pak, pak bisa tolong kasih tau saya gak, apa manfaat informasi dan bentuk-bentuk informasi itu ??yang lebih spesifik lagi pak??

  15. jhony Says:

    apa penegertian data dalam dunia internet??

  16. jhony Says:

    oia saya lupa menambahkan apa pengertian informasi dlm dunia internet??

  17. city Says:

    pak, data jika diolah maka akan menjadi sebuah informasi,
    suatu ketika informasi tersebut dapat kembali menjadi data,
    apa contohnya pak??
    trim’s

  18. pre Says:

    hahahaha

  19. bisnis online bagi pemula Says:

    thanks bro , bisa nyontek nih…. ada tugas kuliah nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: