Kecelakaan Adam Air CKG-SUB-MDO

Baca berita mengenai kecelakaan Adam Air CKG-SUB-MDO di Polman, Sulawesi Barat mengingatkan aku ketika masih tugas di Manado. Selama 4 tahun lebih sejak tahun 2000, saya sering PP Manado – UPG – Jakarta untuk tugas ataupun pulang ke rumah di Bandung. Dulu memang belum ada Adam Air, yang ada baru Garuda, Merpati, Bouraq, Mandala, Batavia dan Lion. Seiring dengan perkembangan Manado yang cukup pesat maka sekarang sudah cukup banyak Airlines yang melirik kota tersebut.Waktu itu saya masih ingat, pertama kali ke Manado naik Garuda harga tiket masih lumayan sekitar 1 jutaan. Ketika Lion dan airlines lain masuk, sempat terjadi perang harga sampai menyentuh harga cuma 500 ribu rupiah untuk CKG-MDO. Bahkan Garuda juga sempat ikut bersaing dengan menurunkan harga yang mendekati mereka. Jadi waktu itu saya sempat “untung” cukup banyak dari sisa uang perjalanan dinas menggunakan Lion atau Mandala. he he he ….

Memang kalau lagi cuaca buruk diatas udara dengan ketinggian 32.000 kaki, serasa jantung mau copot dan mau tidak mau baru teringat bahwa kita hanyalah manusia, hamba Allah yang kecil di atas Alam ciptaan-Nya yang maha luas dan maha sempurna. Hanya doa dan penyerahan diri atas Kuasa-Nyalah yang dapat kita lakukan. Seperti bulan Desember lalu sewaktu saya ke JKT dari Batam mengalami hal serupa dimana cuaca sangat jelek sehingga jantung rasanya diguncang bersama pesawat yang “terombang ambing” oleh keganasan alam.

Kembali ke Adam Air “The boutique Airlines” yang katanya mengedepankan keamanan, sambil menunggu hasil investigasi penyebab kecelakaan, yang kita bisa ambil hikmah adalah bahwa kita hanyalah manusia yang lemah dan segala kehendak hanyalah milik Allah. Yang dapat kita lakukan hanyalah berbuat semaksimal mungkin berikhtiar menuju kebaikan dan berupaya untuk tidak mengulangi kesalahan.

Jatuhnya Pesawat Adam Air di Sulawesi Barat Adalah Akibat Cuaca Buruk posted by Adamair on 01-02-2007 16:25Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika memperkirakan jatuhnya pesawat Adam Air di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat adalah akibat cuaca buruk.

Hal ini ditunjukkan dari kondisi cuaca ketika pesawat itu terbang yakni ketebalan awan mencapai ketinggian 30 ribu kaki dan kecepatan angin mencapai 30 knot. Sementara untuk kondisi normal, ketebalan awan hanya mencapai 10 hingga 15 ribu kaki dan kecepatan angin hanya 10 knot.

Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi Publik Badan Meteorologi dan Geofisik, Ahmad Zakir mempredeksikan hingga tanggal akhir Januari mendatang, kondisi cuaca masih cenderung buruk dan akan terus menyelimuti wilayah Indonesia seperti Bali, Jawa Timur, Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara.

No Responses to “Kecelakaan Adam Air CKG-SUB-MDO”

  1. MM INFO Says:

    semoga TIM penyelamat dapat segera menemukan mereka

    Kami atas Nama http://www.mediamuslim.info Turut Prihatin terhadap peristiwa ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: