Hot Dog

Tahu nggak kalo makan bala-bala di Bandung bisa menjadi makan “hot dog” ?Bahasa pergaulan anak-anak muda di Bandung sekarang semakin “parah”. Kalo sudah ngobrol antar sesama anak muda, bahkan kadang-kadang orang tua yang berjiwa muda, kata-kata “anjing” dan penghuni kebun binatang lainnya, dengan entengnya terlontar. Berulang kali saya minta ke barudak dalam bergaul dan berteman, sebisa mungkin menggunakan kata-kata yang halus dan sopan. Tetapi ya tetap aja susah, lha wong kalau di sekolah diluar kelas barudak tetap aja saling berkomunikasi dengan bahasa gaul. Minimal kalau di rumah kita selaku orang tua dapat memfilter bahasa yang digunakan dan memberi pengetahuan kepada mereka tentang mana yang benar dan sopan, mana yang nggak boleh diucapkan mana yang boleh. Dan yang terpenting adalah keteladanan kita sendiri.

Karena saya bukan orang Sunda sehingga bahasa Sunda-nya saya pun apa adanya, ya terpaksa kalau di depan anak-anak harus berhati-hati dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Sunda. Kalaupun terpaksa akhirnya dicampur aduk dengan Bahasa Indonesia saja.

Saya jadi ingat waktu dulu saya di Manado. Kondisi serupa kayaknya juga terjadi di sana. Bahasa Manado gaul orang kota cenderung banyak yang sudah meng-adop bahasa lain, sehingga meskipun saya cukup lancar bahasa “kota” mereka tetapi begitu ngomong sama orang tua jadi banyak yang nggak ngertinya. Kalau dulu istilah nona dan nyong masih kental, sekarang mungkin sudah diganti menjadi cewek dan cowok.

Kembali ke kalimat di atas, bagaimana itu bala-bala kok bisa jadi hot dog ? Jawabannya ketika kamu makan bala-bala yang masih panas, begitu masuk mulut dan terasa panas nggak sadar berucap “hu … panaaas anjiiiing”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: