Seleb lagi

Kemarin sore jam 5 saya sedang nonton lintas-5 nya TPI. Anakku yang kecil – Syahla, 3 tahun lebih, sedang maen sendiri. Ibunya lagi nyuci piring di sebelah. Setelah berita selesai 30 menit kemudian, tiba-tiba Syahla menghampiri teve dan mengganti channel secara manual dengan jarinya yang mungil ke Trans TV seraya berteriak : “Bu, ini berita gosiiiip … !!”. Ternyata memang saat itu sudah dimulai acara Insert. Sementara Syahla ngacir ke depan dan sayapun tersenyum sambil lihat ke ibunya. Dan ibunya pun tersipu malu. Dasar anak tahu kesenengan ibunya ya … he he he …

Jadi memang susah ya, kita berupaya untuk meminimalkan “ghibah” terhadap berita dari yang bener sampai yang miring tentang kehidupan seleb kita, sementara kita dijejali acara-acara serupa yang mengungkap kehidupan seleb. Bayangin hampir setiap stasiun teve menayangkan acara tersebut sampai minimal 3 kali sehari (kayak minum obat saja). Kita hitung saja stasiun teve swasta kita ada 10, RCTI SCTV Indosiar Trans Trans7 LaTivi TPI ANTeve Global MetroTV, maka sehari ada sekitar 30 kali tayangan berita sekitar seleb. Kalau masing-masing acara (biasanya durasinya 30 menit) ada 6 berita aja, maka ada sekitar 180 berita. Kalau dihitung setahun aja, maka silahkan hitung sendiri saja. Belum lagi bila ditambah dengan stasiun teve lokal.

Dan yang hebat lagi, kalau lagi ada hot news dan itu pasti disiarkan di acara yang berbeda di stasiun yang berbeda, ketika aku ngasih komen kepada istri yang lagi nonton : “Tadi kan sudah ada beritanya di Anu !”, maka jawabannya pun “ilmiah” juga : “Kan mungkin satu berita yang sama bisa berbeda kalau dilihat dari sisi yang berbeda !”.

Dan kalau kembali diingatkan untuk jangan terlalu banyak nonton gituan, jawabannya ya itu tadi, sangat diplomatis. Supaya nggak ketinggalan berita kalo lagi ngobrol di kantor, ada hikmah yang dapat diambil dari peristiwa seorang seleb, itu beberapa alasan yang sering dikemukakan untuk tetap menikmati acara tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: