Gempa Maluku dan MP3

Barusan saya baca di detik.com bahwa Rabu dini hari tadi terjadi dua kali gempa di Maluku. Disana memang sering terjadi gempa sehingga mungkin bagi orang disana sudah biasa. Tapi apa hubungannya antara gempa dengan MP3 ? Memang nggak ada sih. Sebab ketika sementara baca-baca di internet, saya lagi dengerin lagu-lagu Maluku koleksi saya dulu. Dan kemudian ada dapa SMS ucapan Happy Valentine dari Tante hitam manis kenalan kantor di Ambon dulu.

Sekarang mumpung lagi ingat sama Maluku, sekalian aja akan saya upload MP3 lagu-lagu Maluku ke esnips. Pake “upload by email” jadi agak lama nanti baru muncul di folder tersebut.

Kalau bicara Maluku, saya jadi ingat ketika masih disana dan mengalami berbagai pengalaman yang cukup berkesan. Pengalaman ketika terkurung di kantor selama berhari-hari karena diluar sedang terjadi ”perang”, pengalaman ketika mendengar suara tembakan menjadi keseharian, pengalaman menembus Selat Ambon dengan boat untuk mencapai bandara, dan masih banyak lagi. Seperti kayak lagunya Yoppie Latul “Nona Nano Nano”, rame rasanya.

Tapi mudah-mudahan yang terjadi di Maluku masa itu hanyalah sekedar kenangan buruk saja dan tidak akan terjadi lagi. Makanya pada masa itu banyak lagu-lagu yang beredar menghembuskan nafas Satu Pela Gandong, satu persaudaraan, persatuan jangan terpecah belah, betapa pertikaian membuat sengsara semua orang dan membuat Maluku kembali mundur kebelakang.

Itulah pelajaran yang sangat berharga. Namun terakhir ketika saya kembali ke Jawa, dapat saya rasakan bahwa masyarakat sudah mulai sadar akan “kebodohan” mereka mau diadu domba dulu. Mereka sudah tidak akan terusik lagi ketika isyu-isyu pemecah belah berseliweran dimana-mana. Meraka kemudian hanya melantunkan “Katong samua satu gandong, gandong satu hati”

Mudah-mudahan damai selalu menyertai Maluku.

Tags: , , ,

Leave a Reply

