Calon Presiden dan kristalisasi keringat

“Kristalisasi Keringat”, sebuah ungkapan kata-kata yang akhir-akhir ini menjadi ngetop lewat Tukul Arwana. Bahwa hidup harus selalu diperjuangkan melalui jalan yang tidak selalu mulus. Bahwa untuk mencapai suatu “jalur kesuksesan”, dibutuhkan daya dan upaya maksimal yang tiada kenal lelah, dicapai melalui cucuran keringat yang kalau perlu sampai mengkristal saking melimpahnya.

Kesuksesan tidak selalu seiring dengan pendidikan formal seseorang. Dengan menyandang gelar kesarjanaan, tidak secara otomatis hidup akan mudah dijalani karena pekerjaan gampang diperoleh, uang didapat dengan mudah dan rejeki selalu menanti. Meminjam istilah Tukul tadi, masih dibutuhkan kristalisasi keringat dalam setiap upaya dalam merengkuh suatu keberhasilan.

Demikian pula keberhasilan dan kepemimpinan seorang Presiden, tidak mesti harus diukur berdasarkan kesarjanaan yang disandang. Makanya Rencana Undang Undang yang sekarang lagi digarap di parlemen tentang syarat-syarat calon Presiden RI yang harus sarjana, terkesan sangat naif. Tadi waktu sekilas mendengar talk news di MQ FM tentang hal tersebut, terdapat beberapa komentar baik yang mendukung maupun menolak. Saya tertarik dengan statemen dari Presiden PKS Pak Sembiring yang dengan tegas menolak isi dari RUU tersebut. Dia mengisyaratkan bahwa gelar kesarjanaan tersebut “hanya” merupakan pengesahan dari lembaga formal (universitas, sekolah tinggi, dll) terhadap keahlian tertentu. Kecuali kalau ada lembaga formal pendidikan yang khusus mendidik calon Presiden dan memberikan strata kelulusan.

Memang banyak dimensi yang dapat dijadikan sebagai ukuran layak tidaknya seseorang menjadi calon Presiden, bukan hanya gelar kesarjanaan (Apalagi di kita masih begitu mudah memperoleh gelar sarjana tanpa bersusah payah).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: