Long week end di Bandung

Long week end begini di Bandung pasti akan macet. Orang-orang Jakarta memang sudah biasa memanfaatkan liburan week end untuk mencari pencerahan dan penjernihan, sekalian kalau bisa mencari sesuatu yang baru dan tentu saja shopping (bagi yang butuh dan atau kelebihan duit).

Bandung, sekarang menjadi salah satu primadona orang Jakarta selain Puncak. Apalagi sejak toll Cipularang dioperasikan sehingga jarak tempuh Bandung Jakarta cuma 1 s.d 1,5 jam perjalanan. Tapi ya itu, efeknya jadi setiap week end di Bandung, ruas-ruas jalan tertentu yang merupakan pusat perbelanjaan, pusat jajanan, lokasi peristirahatan dan akses masuk keluar Jakarta mencadi macet.

Daerah seperti Jl. Setiabudi, Jl. Riau, Jl. Cihampelas, Jl. ke Lembang, Jl. Pasteur, dapat dipastikan menjadi rame dan macet oleh kendaraan berplat nopol B.

Dengan semakin mudah dan cepatnya akses Jakarta Bandung via Cipularang, ada fenomena baru yang terjadi. Banyak saya lihat, jam-jam makan siang di Bandung dikunjungi oleh para karyawan dari Bekasi dan sekitarnya yang menyempatkan untuk makan siang di Bandung sambil jalan-jalan. Tidak hanya karyawan, ada beberapa ibu setelah mengantarkan anaknya kesekolah, sambil menunggu si anak pulang nanti, janjian sama yang lain untuk “maen” di Bandung saja. Hebat kan !

Long week end pertengahan Maret kemarin, pas besoknya masuk kerja (kalau nggak salah Senin malam), begitu mengambil tiket toll di Pasteur maka arus kendaraan langsung padat sampai ke pintu toll Padalarang Barat yang akan menuju ke Cipularang. Bagi yang sudah biasa hidup di Jakarta yang setiap harinya selalu begitu, mungkin hal tersebut masih dianggap kewajaran. Tetapi bagi orang Bandung, kalau terjebak macet seperti itu terasa sangat menjengkelkan. Yah begitulah resikonya kota Bandung yang membuka diri dikunjungi saudaranya dari Jakarta.

Oleh karenanya, bagi saya sendiri, kalau sudah week end begini mending ada di rumah saja berkumpul sama keluarga, lebih enjoy. Kecuali memang kalau ada keperluan yang tidak bisa ditunda atau anak-anak minta jalan-jalan.

No Responses to “Long week end di Bandung”

  1. Boy George Says:

    Oh wait. Yes, I have. I’m sorry, but I just don’t have it in me right now to type it all out again. Besides, it was just ramblings anyway. You didn’t want to hear me go on and on about this, right?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: