COMPETITIVE INTELLIGENCE (1)

MENDAPATKAN KEUNTUNGAN DARI COMPETITIVE INTELLIGENCE

Competitive Intelligence

Apa itu Competitive Intelligence

Competitive Intelligence adalah hasil (output) dari proses yang sistematik dan sah (legal) untuk mendapatkan dan menganalisa informasi mengenai pesaing bisnis yang telah ada dan potensial. Outputnya mungkin terdiri atas rencana / pemikiran yang saat ini dilakukan pesaing, fokus mereka, kegiatan atau program yang sedang dijalankan.

Intelligence juga mungkin terdiri atas penilaian akan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki pesaing serta identifikasi peluang serta hambatan.

Competitive Intelligence adalah bagian dari Intelligence lingkungan secara keseluruhan yang dibutuhkan perusahaan untuk membuat keputusan yang baik. Ada beberapa Intelligence yang penting dalam bisnis, serta berdampak terhadap strategi dan menentukan kemampuan untuk mencapai target. (lihat gambar dibawah)

Kebutuhan CI Total Perusahaan

Gambar : Kebutuhan Intelligence Total Perusahaan 

Mengapa berinvestasi dalam Competitive Intelligence

Strategi dan taktik yang dijalankan perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitive dan mencapai keuntungan harus didukung dan dituntun oleh Intelligence yang sesuai. Kita harus mengetahui kemampuan pesaing kita dan fokus mereka serta mengidentifikasi rencana mana yang akan dilaksanakan untuk menyerang kompetitor.

Ada beberapa gejala yang terjadi beberapa tahun terakhir yang meningkatkan kebutuhan akan sistem yang sistematik dari Competitive Intelligence.

·          Meningkatnya kompetisi

·          Meningkatnya ukuran pasar (globalisasi pasar)

·          Meningkatnya kecepatan perubahan (deregulasi oleh pemerintah)

·          Akses terhadap informasi yang bertambah tinggi (internet, intranet, dan ekstranet)

·          Pembuatan mesin pencari (search engine) yang semakin canggih

·          Peningkatan dalam teknologi yang memungkinkan desentralisasi sistem.

     ·          Bertambahnya pengetahuan akan pentingnya kompetitor Intelligence.

Tujuan membuat kegiatan Intelligence kompetitior tidak hanya untuk mengumpulkan informasi mengenai pesaing, tetapi juga untuk membantu mencapai keuntungan bisnis, kompetitif dan kemandirian.

Kegunaan Intelligence yang kompetitif :

·          Perencanaan strategis

·          Penyesuaian rencana

·          Peringatan awal

·          Promosi penjualan

·          Strategi pendukung

·          Tindakan rencana kompetitif

·          Kunci menejemen akuntansi.

Keuntungan Competitive Intelligence

Menggunakan Competitive Intelligence untuk keunggulan bisnis

Dalam lingkungan yang kompetitif, ketahanan bergantung pada kesehatan bisnis. Bisnis yang sehat memiliki keunggulan kompetitif. Pemahaman akan arti keunggulan kompetitif dan apa yang dibutuhkan untuk mencapainya hanya dapat diperoleh dengan Competitive Intelligence yang berkualitas.

Ramuan penting dari keunggulan kompetitif adalah pengetahuan akan peluang dan ancaman yang dimiliki pesaing, serta tidak kalah penting adalah pengetahuan akan kekuatan dan kelemahan relatif yang dimiliki pesaing terhadap bisnis kita.

Ada banyak cara penggunaan Competitive Intelligence dalam rangka peningkatan kinerja bisnis, contohnya :

·          Meningkatkan penjualan

·          Mengurangi penjualan pesaing

·          Memperoleh harga yang tinggi

·          Mengurangi biaya

·          Mengurangi keuntungan pesaing

·          Meningkatkan biaya pesaing

·          Meningkatkan strategi bertahan

·          Identifikasi kesempatan joint venture atau pengambilalihan

·          Mempertahankan kemandirian

     ·          Mencegah kebocoran informasi

Intelligence kompetitior dalam resesi

Kebutuhan akan Intelligence dan analisis kompetitor menjadi sangat penting ketika pasar berhenti berkembang dan bisnis akan saling memakan. Mengambil pangsa pasar pesaing membutuhkan Competitive Intelligence. Sebagai tambahan, dalam kondisi resesi, kesempatan akuisisi dengan harga yang dapat ditawar menjadi lebih tinggi.

Kondisi resesi juga memberikan kesempatan untuk melemahkan pesaing selama perusahaan kita telah berusahan untuk memahami kelemahan pesaing.

Radar Perusahaan

Dalam dunia kerja biasanya manajer senior buta akan pergerakan signifikan yang dilakukan pesaing. Untuk mengantisipasi ini maka dibutuhkan sebuah radar perusahaan untuk melihat kondisi saat ini dan masa yang akan datang, yang akan membuat mereka lebih sadar akan perubahan signifikan yang terjadi di dalam lingkungan yang kompetitif. Tujuannya adalah agar mampu menjawab pertanyaan berikut :

·          Aktivitas signifikan apa yang sedang terjadi dalam lingkungan yang kompetitif?

·          Aktivitas signifikan apa yang akan terjadi dalam lingkungan yang kompetitif dimasa depan ?

Pengambil keputusan harus dibuat sadar akan peluang dan ancaman yang ada dan mampu mengantisipasinya dimasa depan. Dengan meningkatnya kesadaran bagi pengambil keputusan, maka diharapkan dapat mengambil tindakan untuk menyerang atau bertahan :

·          Untuk meningkatkan pertahanannya terhadap pesaing dan ancaman yang muncul dari lingkungan.

·          Untuk meningkatkan kemampuan memperoleh keunggulan kompetitif dan peluang yang ada dalam lingkungan.

‘Radar’ ini juga dibutuhkan oleh perusahaan kecil sebagaimana perusahaan besar membutuhkannya.

 

Radar perusahaan mendeteksi lingkungan bisnis

 

Gambar : Radar perusahaan mendeteksi lingkungan bisnis

Apa yang akan terjadi jika tidak berinvestasi dalam Competitive Intelligence

Pelajaran dari Forte

Dalam lingkungan yang kompetitif, Competitive Intelligence tidak hanya berupa slogan ‘nice-to-have’ tetapi adalah ’must-have’. Tidak memiliki kegiatan Competitive Intelligence yang baik dapat memberikan dampak buruk. Dampak terburuknya adalah kehilangan waktu kerja sepanjang masa seperti yang dialami Forte pada tahun 1995 ketika Granada memenangkan persaingan dalam bisnis hotel. Forte merupakan hotel dengan jaringan terbesar di Eropa, yang telah berdiri selama 60 tahun oleh keluarga Forte. Tetapi ketika jumlah yang menginap semakin berkurang, terjadi permusuhan yang cepat dilancarkan selama dua tahun terhadap Forte. Akhirnya Granada memenangkan perang Intelligence dan Forte mengalami kegagalan Intelligence.

Kegagalan Competitive Intelligence

Perusahaan akan selalu menghadapi ancaman kegagalan dalam hal Intelligencesi. Kegagalan Intelligence terjadi ketika adanya pengabaian terhadap hal-hal yang signifikan bagi Competitive Intelligence, perusahaan akan melewatkan peluang penting atau penderitaan dari ancaman yang tidak terlihat. Ancaman yang tidak terlihat dapat membahayakan jika terjadi perubahan signifikan dari kekuatan dan kelemahan relatif perusahaan.

Kurang baiknya Competitive Intelligence dapat berakibat kepada kinerja perusahaan  dalam hal kompetitif dan keuntungannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan layanan Intelligence EMP, kesalahan utama yang biasanya dihadapi antara lain :

Peluang terabaikan :

       Akuisisi

       Masalah peluncuran pesaing

       Keterlambatan pengiriman

       Joint venture

       Kemampuan memperoleh akuntan kunci

Ancaman tidak terlihat :

       Joint venture

       Masuknya pendatang baru

       Produk baru

       Perubahan harga

Perusahaan yang tidak memiliki kegiatan Competitive Intelligence karena berpikir bahwa fungsi tersebut tidak berguna, akan mengalami kegagalan Intelligence. Kegagalan ini mungkin terjadi saat ini atau masa yang akan datang. Hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan kegagalan dan tipenya akan dibahas pada Bab 2.

Pelajaran dari Pearl Harbor

Kita dapat belajar banyak dari kegagalan Intelligence dari peristiwa Pearl Harbor, yang dilihat dari dokumentasi yang ada.

Pada Minggu pagi tanggal 7 Desember 1941, antara pukul 07.55 dan 09.45, sebanyak 360 pesawat Jepang tanpa ada peringatan menyerang pelabuhan yang sedang berlabuh di Pearl Harbor. 18 kapal laut milik angkatan laut AS, termasuk kapal induknya hancur, beserta 188 pesawat dan 3435 anak buah kapalnya. Hal ini disebabkan oleh kegagalan Intelligence.

Pada akhir perang tahun 1945, sekretaris perang Henry L Stimson menenmui Mayor Henry C Clausen sebagai jaksa penuntut umum independen untuk menyelidiki akar penyebab bencana tersebut. Di mewawancarai 92 orang penting dibawah sumpah dan dalam laporannya berhasil mengidentifikasikan penyebab peristiwa tersebut sedangkan investigasi terdahulu selalu gagal. Buku ini telah menjadi rahasia untuk waktu yang sangat lama.

Laporan Clausan mengidentifikasikan kegagalan Intelligence antara Washington dan Hawaii. Di Washington kegagalan disebabkan dari kurangnya komunikasi, dalam mengartikan kode ‘purple’ yang dimiliki Jepang dari pemecah kode kepada pejabat militer senior dan pengambil keputusan di pemerintahan.

Penyebab utama dari kegagalan Intelligencesi Pearl Harbor antara lain :

    Penimbunan informasi oleh pihak angkatan laut.

    Lemahnya kerjasama antara angkatan darat dan angkatan laut.

    Lambatnya komunikasi dari pemecah kode di Washington.

    Pemisahan tanggungjawab antara angkatan darat dan angkatan laut untuk memecahkan kode dan memberitahukan data Intelligence.

Trend Masa Depan dalam Perangkat, Teknik, dan Praktek

Setelah 15 tahun berlalu, sejak reinkarnasi jaman modern, Competitive Intelligence dimulai untuk membangun dasar praktek dari prinsip dan proses. Hal ini akan membatu pemahaman yang lebih baik bagi senior manajer dan untuk membuat kegiatan Competitive Intelligence lebih sukses.

Dalam 5 tahun kedepan Competitive Intelligence akan lebih terintegrasi kedalam strategi dan taktik bisnis melalui praktek. Di masa depan bisnis akan mengalami peningkatan apabila senior manajer mengetahui bagaimana cara menggunakan Competitive Intelligence.

Resume :
COMPETITOR INTELLIGENCE
Strategy, tools and techniques for competitive advantage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: