Competitive Intelligence (3)

Position : membuat competititve intelligence sebagai fungsi penting dalam bisnis

Integrasikan Competitive Intelligence kedalam bisnis

Kesalahan yang terjadi adalah menjadikan kegiatan competitive intelligence hanya sebagai kegiatan pendukung dan tidak dihubungkan dengan kegiatan utama perusahaan. Jika Competitive Intelligence ingin memberikan nilai tambah terhadap bisnis, maka kegiatan tersebut harus diintegrasikan kedalam kehidupan organisasi.

Terintegrasi disini maksudnya ada dua, pertama adalah dalam pernyataan misi operasional Competitive Intelligence harus didasarkan pada pernyataan misi bisnis atau unit bisnis yang dilayaninya. Kedua, kegiatan tersebut harus terintegrasi penuh kedalam kegiatan organisasi.

Beberapa hal yang harus terintegrasi dengan competitive intelligence, yaitu :

· Pernyataan misi

· Tujuan bisnis

· Pembuatan keputusan

· Rencana bisnis

· Proses bisnis

· Orang pembuat keputusan

Competititve intelligence memudahkan untuk mengidentifikasikan reaksi pesaing yang mungkin terjadi sehingga dapat meningkatkan kemampuan bisnis mencapai target. Dan tanpa competititve intelligence yang jelas, rencana bisnis sulit untuk mencapai tujuannya.

Competititve intelligence harus terintegrasi kedalam struktur pengambilan keputusan bisnis, mulai dari rapat penjualan dan pemasaran hingga kepada rapat dewan direksi. Beberapa hal yang membutuhkan pengambilan keputusan :

· Proses perencanaan strategis

· Proses alokasi modal

· Proses penganggaran

Selain itu competititve intelligence harus juga terintegrasi dengan proses mendasar dalam bisnis, seperti :

· Seleksi peluang : menentukan segmen dan target pasar.

· Desain solusi : riset dan pengembangan, produksi, dan pemasaran

· Penyampaian solusi : hubungan konsumen, pelayanan, kepuasan pelanggan.

Akhirnya, competititve intelligence harus terintegrasi kepada berbagai tingkatan SDM yang terkait dengan penggunaan Competitive Intelligence.

Dukungan dan keterlibatan senior manajemen
Dukungan dan keterlibatan senior manajemen sangat penting, karena tanpa keduanya kegiatan competititve intelligence akan kehilangan kredibilitas internalnya dan tidak mampu berbuat apa-apa. Salah satu indikator adanya dukungan senior manajer adalah memberikan peralatan yang berkualitas serta perangkat lunak yang sesuai. Selain itu senior manajemen juga harus memberikan anggaran tersendiri untuk kegiatan ini.

Processes : lakukan dengan cara yang benar

Analisis akurat kepada pasar internal untuk competititve intelligence

Mengetahui akan lokasi pasar merupakan dasar untuk menetapkan jenis bisnis baik itu barang maupun jasa. Hal yang sama juga berlaku untuk menetapkan competititve intelligence. Kekakuan analisis internal terhadap pasar internal dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan berikut :

· Apa yang dibutuhkan bisnis?

· Siapa konsumen untuk competititve intelligence?

· Mengapa mereka ingin atau butuh competititve intelligence?

· Apa yang competititve intelligence lakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen?

· Kapan dan bagaimana konsumen membutuhkan competititve intelligence?

Sangat penting untuk menganalisis cara terbaik untuk menjawab pertanyaan diatas. Pertanyaan diatas akan dibahas lebih rinci pada bab selanjutnya.

Mendapatkan sumber yang benar

Sumber informasi yang dipilih harus memenuhi syarat yaitu memiliki kualitas maksimal dengan biaya minimum (baik waktu maupun uang). Sumber informasi dapat diperoleh dari lingkungan eksternal dan internal. Informasi mengenai competititve intelligence internal/organisasi biasanya berada di dalam pikiran manajer, laporan internal, dan data komputer. Untuk menjaga data internal ini, manajer competititve intelligence harus membangun hubungan yang baik dengan SDM yang ada.

Mendapatkan pola yang jelas mengenai sumber informasi berasal sangat penting, karena pola tersebut menentukan kevalidan informasi tersebut. Pola yang salah akan merusak kredibilitas perusahaan.

Menggunakan bahan baku yang sesuai

Memproduksi barang intelligence dibutuhkan pemilihan bahan baku yang teliti, karena kualitas hasil (output) sangat tergantung kepada kejelasan dan kecocokan pemilihan bahan baku (input). Selain itu juga tergantung kepada kualitas aplikasi, karyawan dan proses yang berkaitan dengannya.

Manajer intelligence harus mengetahui apa yang mereka produksi, untuk siapa dan mengapa, serta harus memproduksinya dengan cara yang efisien.

Proses intelligence yang paling kritis adalah ketika menyampaikannya atau mengkomunikasikannya. Competititve intelligence harus dikomunikasikan secara tepat atau hal itu akan sia-sia. Kata ‘tepat’ berarti tergantung kepada keadaan dan hubungan pribadi dari konsumen internal.

Membuat sesuai dengan target produk intelligence

Intelligencesi dapat kita variasikan, asal tidak berlebihan. Produk intelligence untuk manajer harus dikhususkan hanya untuk manajer, jangan seperti menyediakan untuk umum yang biasanya panjang dan berbelit-belit, selain itu juga sulit dibaca hingga butuh waktu lama untuk memahaminya. Tetapi hal ini bukan berarti produk intelligence ini diciptakan hanya untuk satu orang.

Yang terpenting bagi produk intelligence adalah kemampuannya untuk dapat disampaikan dengan berbagai cara. Beberapa cara yang mungkin dalam penyampaiannya :

· Berupa presentasi poin per poin.

· Berupa kertas laporan

· Berupa presentasi lisan

Performance : Jaga perhatianmu untuk selalu fokus

Mengukur dan mempublikasikan Competitive Intelligence yang sukses

‘Apa yang dapat diukur dapat dikelola’

Ada beberapa cara untuk mengukur competititve intelligence:

· Kualitas informasi internal yang dikumpulkan

· Digunakan oleh pengambil keputusan dan dampak keputusan tersebut

· Pengulangan bisnis dari kunci keputusan tersebut

· Keterlibatannya di dalam rapat.

· Kecepatan untuk menanggapi permintaan

Salah satu cara untuk mengukur berhasil atau tidak kegiatan competititve intelligence adalah dengan mengukur dampak dari keputusan yang diambil. Apakah memberikan hasil yang berbeda? Bagaimana dan apa yang berbeda yang disebabkan data intelligence? Berapa banyak rencana yang diterapkan didasarkan pada data intelligence? Salah satu keuntungan menetapkan target untuk Competitive Intelligence adalah pandangan kedepan yang jauh untuk menilai dampak dari intelligence.

Beberapa ciri kegiatan Competitive Intelligence yang efektif, yaitu :

· Mengetahui keputusan bisnis apa yang akan diambil,

· Mampu antisipasi keputusan yang akan diambil di masa depan,

· Mengetahui bagaimana data Competitive Intelligence yang dikumpulkan digunakan.

· Mampu menganalisis secara hati-hati jurang pemisah antara intelligence yang dibutuhkan dan intelligence bisnis yang telah terjadi.

Menghidari kesalahan intelligence

Selain ada faktor kunci sukses kegiatan competititve intelligence, ada juga faktor kunci kegagalannya. Kegagalan intelligence muncul dari rendahnya kemampuan manajemen dalam mengelola kegiatan intelligence. Kegagalan tersebut dapat disebabkan salah satu atau beberapa dari tiga komponen kerja intelligence :

· Kegagalan input

· Kegagalan output

· Kegagalan proses

Kegagalan input

Memilih target yang salah

Memilih kebutuhan kunci intelligence yang salah

Mengambil sumber salah

Mengumpulkan terlalu banyak informasi

Rendahnya penyaringan

Masalah dengan kemampuan SDM

Tidak dibangunnya jaringan kerja internal

Kegagalan output

Kurangnya keterlibatan senior manajemen atau menempatkan manager yang salah

Menghasilkan produk intelligence yang salah (dalam hal volume, kualitas, kecocokan dan waktunya)

Rendahnya komunikasi

Mengabaikan kemampuan SDM

Kegagalan proses

Rendahnya sistem penyimpanan dan pengadaan.

Analisis yang terlalu banyak atau terlalu sedikit

Metode produksi yang tidak efisien

Mengabaikan kemampuan SDM

Tidak membangun jaringan kerja internal.

Untuk menghindari kegagalan tersebut ada beberapa pelajaran yang harus dipelajari yaitu ‘Di atas segalanya, pembuat keputusan harus mempersiapkan tindakan dengan dasar intelligence yang telah dihasilkan secara teliti untuk tujuan yang telah ditetapkan’

Resume :

COMPETITOR INTELLIGENCE

Strategy, tools and techniques for competitive advantage

By ANDREW POLLARD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: