Statistik yang Ndeso

statistik.jpg

Dari statistik yang diberikan oleh wordpress, ternyata topik tentang Jawa menduduki ranking teratas alias yang paling banyak dibaca dan diminati oleh pengunjung. Jadi jargon Tukul di Empat Mata, “ndeso”, “katro”, “kampungan”, “tradisional” ternyata begitu berpengaruh. Tidak heran, di Bandung pun sekarang lagi trend rumah makan yang menawarkan suasana dan citra rasa ndeso baik namanya ataupun konten masakannya, seperti : Dapurku, Bumbu Desa, Sambara de el el.

Adakalanya memang ketika setiap harinya kita dijejali dengan ”modernisasi” disegala bidang, dari masalah pergaulan, makanan, pola kehidupan, dunia hiburan sampai pola pikir, sering ada rasa dan harapan untuk kembali mengenang masa lalu dan menikmati ke-ndeso-an.

Kalau lihat Tukul lagi manggung di Empat Mata, saya jadi pengen nyari koleksi lawakannya Basiyo atau celotehan-celotehan Bagong melalui sang Dalang di ajang Goro-goro. Saya ingat dulu saat di Kampung masih ada tradisi tahunan mementaskan wayangan dalam rangka Nyadran (menjelang bulan puasa) dengan dalang asli kampung saya (saya lupa namanya, sudah lama almarhum). Dengan ”sabetan” yang luar biasa ketika memainkan wayang yang telah ditambahi dengan kreativitas modern melalui sound effect, lighting dan ”wayang versi baru” serta lawakan-lawakan yang cerdas tapi sering saru, pertunjukan wayang saya nikmati tanpa henti sampai menjelang Subuh. Begitu seru dan mengharu biru he he he …

Kembali ke statistik, ternyata banyak juga ya yang berminat pada lagu jawa baik tradisional maupun kontemporer ? Kalau begitu nanti kalau ada koleksi lain yang saya peroleh, akan segera saya sharing.

Oh ya, barusan saya upload tembang-tembang campursari-nya Dinasty yang cukup kocak untuk dinikmati di http://www.esnips.com/web/klaten/.

Tags: , ,

No Responses to “Statistik yang Ndeso”

  1. arul Says:

    ooo

  2. dewo Says:

    Yang ndeso sedang laris ya?

  3. prabu Says:

    Ya .. salah satu adalah kontribusi dari Tukul.
    Dan salah yang lain adalah long tail as new business paradigm

Leave a Reply

