Bom Ambon

Baca berita di Ambon tentang ledakan bom disekitar masjid Al Fatah Ambon, saya jadi sedih ingat beberapa tahun yang lalu ketika saya tinggal disana. Betapa suasana “perang” yang terjadi disana telah membuat kehidupan di Ambon tidak manise lagi, hanya karena sebab mudahnya orang-orang Ambon di provokasi oleh militansi kepada agama yang salah. Betapa dari tahun 1999 sampai tahun 2004, perang telah menghancurkan ”pela satu gandong”. Antar penduduk yang sebelumnya hidup dalam kerukunan, menjadi penuh kecurigaan dan kebencian. Hidup menjadi tidak aman dan nyaman, yang ada hanyalah rasa kekhawatiran dan ketakutan. Meskipun sudah berangsur pulih sekitar tahun 2005, tetapi beberapa kali masih sempat di ganggu oleh upaya provokasi dari ”pihak X”. Who are Mr X ?

Kuncinya sebenarnya cuma satu dan kayaknya sikap ini sudah cukup kuat terbentuk di masyarakat sana, yaitu “Jangan mudah terprovokasi”. Dari beberapa ledakan bom sebelum ini, sikap masyarakat sudah benar dalam menanggapinya. Masyarakat terkesan cuek dan menganggapnya bahwa hal tersebut hanya mainan orang-orang sesat yang tidak bertanggung jawab. Masyarakat sudah tidak mau terpengaruh lagi meskipun ledakan bom tersebut dekat masjid atau gereja karena tahu bahwa hal itu disengaja untuk memancing reaksi umat.

Mudah-mudahan sikap ini dapat langgeng untuk selamanya sehingga Ambon kembali menjadi manise dengan karunia alam yang begitu indah serta budaya pela satu gandong yang lestari.

02/05/2007 03:30 WIB
2 Bom Meledak di Ambon, Sisakan Lubang Berdiameter 0,5 Meter
M Hanafi Holle – detikcom

Ambon – 2 Bom meledak di halaman Masjid Raya Al Fatah, Ambon, Rabu (2/5/2007), sekitar pukul 04.30 WIT. Ledakan terdengar sangat keras dan meninggalkan 2 buah lubang besar berdiameter masing-masing 0,5 meter persegi.

Sejumlah saksi mata yakni tukang ojek dan pedagang kios yang berada tidak jauh dari lokasi ledakan mengatakan, ledakan tersebut terdengar sangat keras. Getarannya pun dirasakan sangat keras.

Menurut saksi mata, sebelum ledakan terjadi ada sebuah motor jenis bebek yang melintasi jalan depan masjid, yakni Jl Sultan Baabullah.

Sesaat setelah motor bebek tersebut melintas, tersebut terjadi ledakan yang sangat keras. Motor bebek tersebut selanjutnya melaju ke arah ruas jalan Ay Patty yang juga tidak jauh dari masjid.

Belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa dalam peristiwa ini.(anw/gah)

02/05/2007 04:06 WIB
Bom di Masjid, Pria Provokasi Massa Lakukan Serangan Balik
M Hanafi Holle – detikcom

Ambon – Sesaat setelah terjadinya bom di halaman masjid Al Fatah, Ambon, ratusan warga berduyun-duyun mendatangi lokasi TKP. Mereka ingin menyaksikan kejadian tersebut dari dekat.

Namun, salah satu dari warga tiba-tiba memprovokasi warga yang lain untuk balas dendam atas terjadinya ledakan bom ini. Menurutnya, bom tersebut ditujukan ke masjid, sehingga pelakunya harus dihajar.

“Ayo, kita balas dendam atas perbuatan mereka ini,” ujar pria paruh baya yang belum diketahui identitasnya tersebut di dekat lokasi TKP, Jl Sultan Babullah, Rabu (2/5/2007). Namun, untungnya massa tidak mudaah terprovokasi oleh ulah pria tersebut.

Akibat ulahnya ini, pria tersebut diamankan oleh petugas keamanan. Ia tidak ditangkap, namun hanya diperingati untuk tidak memprovokasi massa.(anw/gah)

02/05/2007 05:33 WIB
Dihantam Bom, Salat Subuh Berjamaah Jalan Terus
M Hanafi Holle – detikcom

Ambon – Serangan bom tidak menyurutkan kegiatan ibadah di Masjid Al Fatah, Ambon. Sekitar 15 menit setelah ledakan bom pukul 4.25 WIT, salat Subuh pun tetap digiatkan.

Pantauan detikcom di Masjid Al Fatah, Rabu (2/5/2007), salat berjamaah tetap berlangsung dengan khusyu. Tapi walaupun begitu, tetap ada jamaah yang takut. Biasanya ada 3-4 saf, tapi pagi ini hanya 1 saf.

Walaupun di sekitar TKP, Jl Baabullah sudah diberi police line, tapi tidak menyurutkan niat jamaah untuk terus mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa usai salat Subuh. Ada beberapa jamaah yang melanjutkan ibadahnya dengan membaca kitab suci Al Quran.

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Ledakan yang dipicu oleh granat itu hanya menyisakan sebuah lubang (bukan dua seperti yang diberitakan sebelumnya) dengan diameter 0,5 meter.(gah/anw)

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: