Poco Poco

Beberapa tahun yang lalu saat saya tinggal di Manado, poco-poco begitu terkenal. Pada waktu senam di Kantor ataupun di lingkungan rumah, selalu ada sekumpulan orang untuk “menari” poco-poco. Bahkan di kantorpun dilombakan berdasarkan penilaian gerak, keserasian, kebersamaan dan semangat tim yang mengikutinya. Untuk lingkungan di kota Manado saja, beberapa kali saya lihat perlombaan poco-poco di beberapa tempat dengan peserta berbagai kalangan dari anak-anak sampai oma-oma.

Lagu-lagu daerah banyak mengikuti trend, penyanyi mendendangkan lagunya dengan dilatarbelakangi para penari yang tengah berpoco-poco ria. Para pelatih aerobicpun harus bisa melatih poco-poco agar selalu dipanggil untuk senam di instansi atau perkumpulan. Para pejabatpun saya lihat dengan ceria dan canda mengikuti poco-poco massal di lapangan. Pokoknya dengan poco-poco semua menjadi gembira, kebersamaan dan keserasian selalu tumbuh dan tentu saja badan menjadi sehat.

Ketika sekitar tahun 2003 akhir saya mulai tinggal di Ambon, poco-poco masih cukup banyak diminati meskipun sudah tidak seperti yang lalu gencarnya.

Poco-poco sebanarnya tarian (gerakan) mirip-mirip tarian biasa. Gerakan-gerakan baru banyak diciptakan oleh para pencintanya melalui perpaduan tradisional dengan modern (gerakan senam aerobik). Dengan gerakan yang sama sang penari berputar ke empat penjuru untuk beberapa kali putaran, dan melanjutkan ke gerakan yang lainnya. Yang dibutuhkan dari poco-poco sebenarnya adalah kebersamaan dan keserasian dan tentu saja keceriaan. Sedangkan lagu yang mengiringinya kebanyakan adalah lagu remix baik daerah maupun pop.

Lagu yang identik dengan tarian poco-poco adalah lagunya Yoppie Latul, yaitu poco-poco. Mau bernostalgia untuk mendengarkan ? Silahkan nikmati di http://www.esnips.com/web/manado/.

Tags: , , ,

No Responses to “Poco Poco”

  1. SP Breakdancers Says:

    http://kl-entertainer.blogspot.com/2007/07/senamrobik-poco-poco.html

    BAgus Mas, Artikel dan komentar kamu tentang poco2.

  2. agungagungagung Says:

    wew, poco – poco . buat tugas nihh😆

  3. prabu Says:

    Kalau buat tugas dan ingin lebih “menjiwai” silahkan ber poco-poco ria dengan diiringi remix-nya Yoppie Latul di http://www.esnips.com/doc/c96b8430-babf-4fb6-b2b3-cf0699ff700b/1.Poco-Poco-3—Yoppy-Latul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: