Oase ditengah galau

”Bakar …. lempar ….. hancurkan !” begitu kira-kira teriakan wajah-wajah tegang nan beringas orang-orang Medan ketika melempari kampus Universitas Islam Sumatra Utara. Amarah terlampiaskan, haus darah tersalurkan dan kesabaran terpinggirkan. Kaca-kaca yang tidak tahu menahu berserakan, api berkobar dan beberapa orang tersakiti, semua hanya karena nafsu memusuhi ”lawan” bukan mengedepankan kasih sayang pada sesama.

Demikian kurang lebih gambaran berita di teve yang saya lihat tadi pagi tentang ”perebutan” gedung UISU Medan. Gambaran serupa terjadi di Makassar dimana sekelompok massa menerjang pagar, membakar ban dan berteriak laksana setan yang kepanasan, ketika menentang penahanan tokohnya.

Begitukah gambaran demokrasi di negara kita yang katanya ada dalam alam reformasi ini ?

Dibagian daerah lain kejadian serupa nyaris hampir tiap hari terjadi. Perkelahian antar kampung, perseteruan antar calon elit bangsa alias mahasiswa, budaya kekerasan di sekolah calon pejabat negri dan sejuta peristiwa yang telah dengan setia menghiasi perjalanan bangsa ini.

Begitukah gambaran negri kita yang katanya dahulu digambarkan sebagai negri yang ramah dengan penduduknya yang selalu tersenyum dan menyapa ?

Begitu sempitkah jiwa-jiwa banyak manusia Indonesia sehingga tidak bisa menyikapi sesuatu dengan bijak dan sabar. Ataukah kesabaran hanya pantas dibahas di tempat-tempat ibadah atau majlis ta’lim semata dan begitu keluar menghadapi kehidupan nyata gaung kebijakan dan kesabaran sirna seketika.

Sedikit jawaban atas kerunyaman negri ini adalah teladan dari pemimpin negri. Kesederhanaan dan kesantunan dalam berpola hidup dan bertingkah laku adalah oase yang dibutuhkan. Dan mengutip 3M-nya Aa Gym, sungguh suatu hal yang baik untuk diimplementasikan. Kebaikan, keteladanan, kasih sayang haruslah Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil dan Mulai saat ini juga untuk dilakukan.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: