MP3 wayang kulit, Limbukan

Menyaksikan pagelaran wayang kulit secara live semalam suntuk sudah lama tidak saya nikmati. Lingkungan rumah tidak memungkinkan lagi mengingat tidak ada komunitas yang cinta berat pada salah satu budaya tradisional jawa itu. Kalaupun ada yang ingin “nanggap”, mau ditaruh dimana tempat pertunjukannya. Nggak mungkin lah dirumah seorang warga dimana komunitas sudah demikian heterogen dan begitu padat.

Di teve nasionalpun sudah lama nggak ada yang mementaskan wayang kulit. Mungkin karena ndak menarik dan nggak ada yang menyeponsori, alias kalau dipaksakan pasti akan menuai rugi. Dulu pernah Indosiar tiap malam minggu sekali-kali menayangkan pertunjukan wayang kulit (meskipun tidak live).

Yang menarik dari pagelaran wayang kulit bagi saya adalah goro-goro (Limbukan dan Punakawan) dan adegan perangnya.

Pada limbukan aktor sentralnya adalah Cangik dan Limbuk, ibu dan anak dengan bentuk tubuh yang sangat kontras, satu kurus kering dan lainnya gembrot. Dua orang tersebut adalah abdi dalem atau istilah sekarang PRT dari seorang raja, biasanya mengasuh putri kerajaan. Putri kerajaan mana, menyesuaikan tergantung lakon yang dimainkan. Pada fragmen inilah biasanya dijadikan oleh dalang menjadi ajang untuk lawakan, request lagu maupun aksi bintang tamu bila ada.

Sama seperti limbukan, goro-goro menampilkan empat punakawan yaitu Semar, Gareng, Petruk dan Bagong yang biasanya merupakan abdi dari Pandawa. Kalau pas kebetulan lakonnya ada Arjuna disana, maka biasanya fragmen tersebut ditampilkan menjelang Arjuna ketemu sama Cakil untuk perang.

Saya menemukan video Limbukan oleh Anom Suroto di www.youtube.com yang diupload oleh cakndut. Untuk bisa disharing dengan format mp3, flv tersebut kemudian saya convert. Monggo dinikmati di http://www.esnips.com/web/klaten . Matur nuwun cakndut.

Tags: , ,

No Responses to “MP3 wayang kulit, Limbukan”

  1. jehan Says:

    mas prabu, web nya bagus banget, …..mau pesan lagu lagu jawa arie koesmiran …. sipate manungso cs, ……dan mus mulyadi……gatotkaca edan cs….. matur nuwun

  2. prabu Says:

    Dulu saya (maksudnya Bapak & kakak2) punya kasetnya dan saya pernah mendengarkan lagu-lagu itu. Beberapa syair lagunya masih saya ingat tetapi tidak lengkap, maklum masih kecil
    Kasetnya ?
    Ntar kalau ada
    Matur nuwun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: