DNA – Tuhan dalam Gen Kita

Habis sholat Dzuhur dikantor tadi ada bedah buku oleh Penerbit Mizan dengan judul “The Divine Message of the DNA” di Indonesiakan dengan judul “Tuhan dalam Gen kita” karangan Kazuo Murakami, Ph.D. Pembicaranya Pak Jalaludin Rahmad dan Taufikurrahman (mohon maaf bila saya salah menyebutkan nama).

Karena ada keperluan lain maka acaranya saya ikuti tidak sampai selesai. Tetapi yang masih saya ingat adalah bahwa dalam diri kita menunjukan kebesaran dan kemahakuasaan Allah swt Sang Pencipta. Kalau selama ini kita begitu mengagumi makrokosmos alam semesta dengan milyaran galaksi yang tak terbayangkan, kekaguman yang sama akan tercipta manakala kita melihat dalam diri kita selaku manusia ciptaan Allah swt. Melalui pemahaman akan “gen” saja, kesombongan kita yang kadang muncul akan sirna seketika berganti menjadi takjub dan berserah diri hanya kepada-Nya.

Bayangkan, bila jumlah penduduk planet bumi yang sekitar 6 milyar jiwa ini dianggap sebagai gen, maka itu hanya merupakan sepotong kecil dari jari keleingking kita. Bermilyar gen memiliki fungsi dan bekerja sesuai dengan tugas masing-masing. Tidak ada pertentangan, yang ada hanya harmonisasi sehingga manusia dapat menjalankan hidupnya dengan nyaman. Saat bahagia, ketika bernafas, ketika tunduk patuh, saat menutupi kebohongan dan semua aktifitas lainnya, genlah yang mengatur dan bekerja.

Kumpulan milyaran gen tersebut adalah laksana tombol saklar On atau Off. Dan berdasarkan penelitian hanya sekitar 5 sampai 10 persen saja yang aktif alias ON. Lainnya dalam kondisi dorman alias OFF dan sewaktu-waktu dapat dibangkitkan. Dapat dibayangkan bila kita mampu membangkitkan dan mengoptimalkan gen-gen yang masih OFF. Wahai … kemampuan manusia akan sangat luar biasa. Lalu bagaimana dengan kemampuan pencipta gen itu sendiri yaitu Allah swt ? Pasti tak terbayangkan dan pasti tak akan tercapai oleh ilmu manusia yang sangat terbatas.

Saya belum bisa menulis dan menggambarkan tentang itu karena saya belum membaca bukunya. Tetapi tadi saya telah membelinya. Mudah-mudahan dapat segera membaca dan mengambil ilmu darinya.

No Responses to “DNA – Tuhan dalam Gen Kita”

  1. Shanti Says:

    Buku yang menarik. Baca juga ulasan dari segi kedokteran mengenai Tuhan dan DNA dari bu dokter Vina.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: