Pamali

Janganlah anda melakukan kebiasaan memeluk kepala dengan kedua tangan karena akan menjadikan diri anda kehilangan akal dan pikiran menjadi buntu, bingung dan dungu.

Pamali adalah larangan. Adakalanya merupakan suatu nasehat yang baik juga. “Jangan begitu Nak, pamali !. Nggak baik itu, pamali bangun tidur sudah siang. Rejekimu yang sudah dekat pasti akan menjauhimu lagi.”

Bagi saya pribadi, selagi pamali warisan leluhur itu bagus dan masuk akal dan sesuai dengan tuntunan agama, nggak ada salahnya untuk ditularkan kepada orang lain, anak atau sahabat atau saudara. Seperti pamali bangun tidur siang di atas, sangat logis dan merupakan nasehat yang baik. Karena dengan bangun tidur disiang hari, jelas sholat Subuh terlewatkan. Sementara Nabi menganjurkan memulai hari dan aktivitas mencari rejeki adalah setelah melaksanakan sholat subuh. Dalam hal ini pamali tidak bertentangan dengan agama.

Pamali juga biasanya berkaitan dengan masalah tata krama dan kesopanan. Misalnya, berdiri di tengah pintu, makan dengan berbunyi mulutnya, makan sambil berpindah-pindah tempat, makan sambil berjalan, membuang-buang makanan, merupakan beberapa tata krama yang baik untuk diterapkan mengingat dalam pergaulan hidup kita diatur oleh etika yang dipegang oleh masyarakat. Sehingga kalau kita memberikan larangan atau pamali kepada anak misalnya, harus diikuti dengan penjelasan yang logis dan dikaitkan dengan pandangan agama dan etika.

Pemaksaan doktrin pamali, misalnya dengan kata-kata : “Pokoknya begini”, “Kata Nenek itu Pamali”, dengan tidak ada penjelasan yang baik dan benar, cenderung akan membuat anak untuk mengikutinya secara membabi buta. Harusnya anak sudah dididik untuk mampu berfikir dengan logis dan cerdas berkaitan dengan apa-apa yang boleh dan yang dilarang. Karena tanpa bimbingan yang baik, sifat anak yang cenderung untuk selalu melawan dan berkontaradiksi akan muncul setiap kali dijejali dengan nasehat-nasehat.

Akan tidak baik jadinya bila dalam menerapkan larangan-larangan tersebut, diikuti dengan kata-kata yang menakuti-nakuti pada sesuatu. “Cepat bobok, nggak boleh bobok malam-malam, nanti ada Gendruwo datang lho !”. Jangan duduk disitu ya, nanti kalau ada setan yang ikut duduk disitu bagaimana !”.

Adapun terhadap pamali-pamali yang “cenderung tidak logis” dan mengarah kepada syirik, lebih baik untuk tidak diikuti ataupun ditularkan kepada orang lain. Misalnya, larangan berfoto dalam jumlah ganjil, larangan hari-hari dalam memotong kuku, keramas, akad nikah, pindahan rumah, selamatkan dan lain-lain.

Berikut beberapa pamali dan silahkan Anda untuk menganalisanya !

Berpindah tempat pada waktu makan

Janganlah berpindah tempat pada waktu makan, karena kelak berakibat akan mendapat ibu tiri. Terkecuali pindah pada posisi yang lebih bagus misalnya semula makannya dilantai, kemudian pindah kemeja makan yang semestinya, kalau itu yang dilakukan kelak akan cepat mendapat pekerjaan yang lebih baik.

Berselimut dengan tikar

Janganlah anda berselimut dengan tikar karena kelak anda akan digulung oleh ombak jika mandi di laut.

Berteriak-teriak mengucapkan kata-kata kotor dalam hutan.

Janganlah anda berteriak-teriak berkata-kata kotor pada saat berada di dalam hutan, karena anda tak lama lagi akan dimasuki roh halus jahat yang menguasai diri anda (kesurupan).

Berfoto bersama dalam jumlah ganjil

Janganlah berfoto dalam jumlah ganjil karena salah satu dari yang difoto akan cepat meninggal. Biasanya yang ditengah.

Bangun Tidur terlalu siang

Jika anda bangun tidur terlalu siang hingga matahari hampir berdiri, akan berakibat segala bentuk rezeki yang akan datang akan selalu menjauh kembali.

Bersin sewaktu akan bepergian

Anda tidak dapat langsung berpergian baik menggunakan kendaraan atau tidak setelah bersin.Paling tidak anda menunggu beberapa menit setelah bersin lalu boleh pergi, karena kalau anda bersin langsung pergi anda akan celaka diperjalanan.

Berlama-lama dikamar mandi

Janganlah anda berlama-lama dikamar mandi karena akan terlihat lebih tua dari usia anda sebenarnya.

Duduk dipintu

Anda dilarang duduk tepat didepan pintu, karena khawatirkan ada makhluk lewat yang melewati pintu tersebut dan anda akan jatuh sakit.

Gadis keramas dihari Sabtu

Jika anda seorang gadis, janganlah anda keramas pada hari Sabtu, karena berakibat anda akan mempunyai suami penyiksa

Kebiasaan bersedih pada waktu hamil

Janganlah selalu bersedih pada waktu hamil, karena kelak akan mendapatkan anak yang cengeng.

Kebiasaan duduk di tengah pintu waktu turun hujan lebat

Janganlah anda duduk ditengah pintu waktu turun hujan lebat karena suatu ketika anda dapat tersambar petir (yang sebenarnya petir tersebut, konon, mengincar setan).

Kebiasaan makan asinan di malam hari

Janganlah anda terbiasa makan asinan di malam hari, karena akan selalu tertimpa keresahan hati, jika ia seorang yang belum menikah akan sulit jodoh, dan jika sudah menikah ia akan sering bertengkar.

Kebiasaan mengetuk ujung rokok yang akan disulut kebenda keras

Janganlah melakukan Kebiasaan mengetuk ujung rokok yang akan disulut kebenda keras, karena kelak akan selalu mengalami kekecewaan karena gagal dalam karir dan rumah tangga.

Kebiasaan menggigit bibir sebelah bawah

Janganlah anda selalu menggigit bibir sebelah bawah, karena kelak anda akan bernasib buruk dan rezeki seret.

Kebiasaan menggigit bibir sebelah atas

Janganlah menggigit bibir sebelah atas karena akan selalu banyak hutang dalam hidup

Kebiasaan menggigit kuku

Janganlah sering menggigit kuku, karena akan mengundang nasib buruk dan pembawaan sering gugup juga akan menderita batin.

Kebiasaan memutir rambut

Janganlah anda memutir-mutir rambut karena kelak anda akan menjadi bahan gunjingan orang dan menjadi korban fitnah.

Kebiasaan pura-pura menangis

Janganlah berpura-pura menangis karena akan berakibat orang tua akan menerima musibah.

Kebiasaan bersiul diwaktu malam

Janganlah anda selalu bersiul diwaktu karena disaat anda tidur dimalam itu dan akan mendengar siulan yang berasal dari luar kamar anda itu adalah ulah dari makhluk halus yang merasa terganggu dengan siulan anda dan membalasnya.

Kebiasaan bersiul didalam rumah

Janganlah anda selalu bersiul didalam rumah, karena akan mengundang makhluk halus yang akan berbuat jahat.

Kebiasaan memberi saputangan kepada kekasih

Janganlah mempunyai kebiasaan memberi saputangan kepada kekasih karena kan berakibat perpisahan tiada sebab.

Kebiasaan membuang nasi sisa makan, karena masih kenyang

Janganlah selalu membuang nasi sisa makan, karena masih kenyang bermakna kelak selama satu tahun akan mengalami bentrokan keluarga yang beruntun.

Kebiasaan makan pakai mangkuk

Janganlah anda selalu suka makan pakai mangkuk, karena akan sering ditinggal pergi saudara.

Kebiasaan mengusap muka/wajah dengan baju

Janganlah selalu mengusap muka/wajah dengan baju karena akan selalu dibenci orang dan susah rezeki.

Kebiasaan memakai baju sambil berjalan

Janganlah suka, sering memakai baju sambil berjalan, karena akan berakibat cita-cita tidak akan terlaksana.

Kebiasaan menyiksa anak perempuan

Janganlah anda memukul atau menyiksa anak, adik, saudara perempuan karena kelak jika ia sudah menikah ia akan selalu disakiti dan disiksa oleh suaminya.

Kebiasaan bernyanyi atau besiul pada waktu sedang makan

Janganlah anda selalu bersiul bila sendang makan karena anda akan mengalami kegagalan dalam usaha.

Kebiasaan memukul anak wanita pada pantat (bokong)

Janganlah anda selalu memukul anak wanita pada pantat (bokong), karena kelak anak tersebut akan menjadi hyper sex, dan bila sudah berumah tangga akan selalu ribut dengan suaminya.

Kebiasaan mencabuti bulu alis mata

Janganlah suka mecabuti alis mata (khususnya wanita) karena akan menyebabkan ketidak nyamanan pada saat berhubungan intim.

Kebiasaan memeluk kepala dengan kedua tangan

Janganlah anda melakukan kebiasaan memeluk kepala dengan kedua tangan karena akan menjadikan diri anda kehilangan akal dan pikiran menjadi buntu, bingung dan dungu.

Kebiasaan memeluk lutut sambil berjongkok

Janganlah terbiasa memeluk lutut sambil berjongkok, karena akan berakibat selalu bingung pada saat menghadapi masalah dan putus asa.

Memotong Kuku menurut hari

Janganlah memotong kuku pada hari Minggu, karena akan mendapat bencana, demikian juga pada hari Senin, karena akan ada orang yang dengki atau iri hati, selain itu hari Sabtu juga termasuk hari yang kurang baik untuk memotong kuku karena akan mendatangkan halangan atau rintangan bagi anda. Disarankan untuk memotong kuku pada hari Selasa karena akan disukai orang banyak. Hari Rabu juga termasuk hari baik karena akan membawa keselamatan dan perlindungan dari Tuhan. Hari baik yang disarankan adalah hari Kamis anda akan mendapat rezeki. Terakhir hari yang disarankan membawa kebaikan adalah hari Jum’at karena akan membuat anda disukai dan dicintai orang.

Mengangkat kaki

saat bertiduran (tengkurap)/melakukan kaki keatas keduanya atau satu saja, bertanda bahwa anda menginginkan menginginkan sesuatu yang buruk.

Tags: , ,

No Responses to “Pamali”

  1. dulkaeni Says:

    Di Jawa istilahnya “ora ilok” artinya tidak pantas,

    contohnya : Makan didengah pintu disebut “ora ilok” nanti bias dimakan bethara Kala,
    Atau “kudung Kususan” disebut juga ora ilok, karena “kukusan” anyaman bambu yang biasa untuk menanak nasi, kok dipakau untuk payung.
    dan masih banyak lagi pamali/ora ilok. di Jawa.
    swun. bd

  2. bumisegoro Says:

    pamali, ora ilok atau pantangan menurutku merupakan local wisdom yang disampaikan secara lisan dari satu generasi ke generasi berikutnya. efektivitasnya terletak pada rasa hormat pada generasi yang lebih tua. pada waktu itu masih relevan karena media dan pendidikan masih sangat terbatas.

  3. jupiter kudus club Says:

    sebenarnya semua sih bisa masuk akal. hanya saja kit perlu orang yang bisa menjelaskan sesuai nalar. banyak orang tua yang mengatakan pamali, tapi beliau sendiri belum tentu bisa menjelaskan apa maksudnya. padahal jaman sekarang generasi muda hanya bisa menerima penjelasan yang sesuai logika…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: